5 Cara Mengatur Kulkas Agar Hemat Listik Dan Awet
5 Cara Mengatur Kulkas Agar Hemat Listik Dan Awet

5 cara menggunakan kulkas agar hemat listrik

Diposting pada

5 cara menggunakan kulkas agar hemat listrik

servispanggilan.com– Dalam keperluan rumah tangga kulkas begitu penting untuk menyimpan sebuah makanan seperti daging dan sayuran terlebih keperluan akan kulkas tak sebatas itu saja.

Kulkas mencakup dalam kebutuhan pokok bagi sebagian orang dan tentunya bagi ibu rumah tangga tanpa terkecuali, pada umumnya kulkas 1 pintu sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga akan tetapi untuk sebagian orang kulkas 1 pintu terlalu kecil dalam hal kapasitas.

Sehingga untuk sebagian ibu rumah tangga akan memilih kulkas dengan 2 pintu dengan kapasitas yang lebih besar, akan tetapi taukah anda bahwa kulkas dengan 2 pintu akan sedikit boros dalam hal konsumsi listrik?

Pada dasarnya Kulkas 2 pintu akan sedikit boros listrik daripada kulkas 1 pintu yang cenderung hemat listrik, akan tetapi tak selamanya sedemikian karena banyak faktor yang dapat mempengaruhi hemat atau tidaknya kulkas dalam konsumsi listrik.

Dalam artikel kali ini kami akan sedikit membahas cara mengatur kulkas agar hemat listrik dan tetap awet tentunya, nah simak baik-baik cara dibawah ini agar berhasil.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Sebab Kulkas Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala

Adakah alat untuk menghemat listrik pada kulkas?

Pada dasarnya kulkas 1 pintu maupun 2 pintu bahkan pada jenis kulkas apapun tidak di anjurkan untuk mengunakan alat atau komponen penghemat listrik.

Dalam sistem kerja komponen pada kulkas sangat bertolak belakang apabila mengunakan alat penghemat listrik karena sistem komponen kulkas yang utama yaitu kompresor sangat membutuhkan arus listrik yang powerfull dan setabil.

Efek terburuk apabila anda mengunakan alat penghemat listrik pada kulkas adalah membuat kulkas anda dirumah mengalami kerusakan seperti tidak bisa beku dan parahnya mati.

Bagaiamana cara terbaik untuk menghemat listrik pada kulkas?

Langkah awal cara terbaik untuk menghemat listrik pada kulkas adalah sebagai berikut.

  1. Pilih kulkas yang smart inverter

Apabila anda membaca artikel ini sebelum membeli kulkas maka itu jalan terbaik yaitu pilihlah kulkas yang sudah mempunyai fitur smart inverter karena akan sangat menghemat listrik anda dirumah.

Hanya saja kebanyakan kulkas yang mempunyai fitur inverter adalah kulkas 2 pintu dan side by side sedang kulkas 1 pintu hampir tidak ada yang mempunyai fitur smart inverter ini, apabila anda mempunyai kulkas yang sudah inverter meski 2 pintu anda akan merasakan betapa hematnya kulkas ini dalam mengkonsumsi listrik, bahkan bisa di katakan kulkas 2 pintu dengan teknologi smart inverter akan lebih irit daya listrik daripada kulkas 1 pintu hebat bukan.

Baca juga: 9 Daftar Merk Kulkas 1 Pintu Dengan Harga Bersahabat 2023

  • 2. Hindari membuka tutup pintu kulkas terus menerus

Pada setiap komponen kulkas terdapat alat pengatur suhu atau yang sering disebut Termostat pada komponen ini berfungsi untuk mengatur kesetabilan susu pada kulkas dan akan otomatis menghidupkan mesin kulkas apabila suhu dalam kulkas tidak setabil atau menurun lantas apa hubunganya dengan pintu kulkas yang sering di buka tutup?

Apabila kita sering membuka tutup pintu kulkas secara terus menerus maka suhu dalam kulkas akan berkurang karena udara dingin yang ada dalam kulkas akan ikut keluar apabila kita membuka pintu kulkas, nah dalam hal ini maka Termostat akan bekerja dan menghidupkan kompresor.

Dan apabila mesin kulkas sering hidup maka secara otomatis akan memakan listrik sehingga membuat tagihan listrik anda membengkak apabila hal tersebut terus berulang.

  • 3. Atur suhu kulkas sesuai kebutuhan

Hal mendasar untuk membuat kulkas anda hemat listrik adalah cara mengatur suhu kulkas yang benar dan tepat tentunya, meski kulkas anda mahal dan baru serta canggih apabila cara mengatur suhu pada kulkas tidak tepat maka saya jamin kulkas anda akan boros listrik dan tidak akan awet tentunya.

Langkah dan cara mengatur suhu kulkas yang tepat ialah tentukan dengan kebutuhan anda seperti apa misalnya anda sedang ingin membuat es batu atau menyimpan daging dalam freezer maka aturlah tombol pengaturan di angka 4/5 saja sudah cukup apabila tidak sedang terburu-buru.

Apabila dalam freezer kulkas anda sedang tidak menyimpan makanan dan hanya menyimpan minuman dan sayuran dalam rak bawah kulkas yang tidak butuh pembekuan maka cukup atur kulkas dalam pengaturan 2/3 saja sudah cukup.

Dalam langkah ini semakin rendah pengaturan dalam suhu maka mesin kulkas akan semakin jarang hidup dan secara otomatis akan membuat listrik anda di rumah akan hemat tentunya,

Baca juga: 5 Bunyi Dengungan Kulkas Normal Yang Perlu Diketahui

  • 4. Perhatikan seal karet pintu kulkas

Fungsi seal karet pada pintu kulkas tak hanya berfungsi untuk merekatkan pintu saat di tutup saja akan tetapi fungsinya lebih dari itu, apabila karet pada pintu kulkas sudah tidak baik atau kotor maka sangat berpengaruh pada kehematan listrik anda.

Rajin-rajinlah mengecek seal karet pada pintu kulkas anda apabila kotor maka cukup lap dengan kain yang bersih dan apabila sudah ada yang rengang kurang rapat maka bisa anda coba panaskan dengan pemanas rambut.

Efek buruk apabila seal karet pintu kulkas yang sudah tidak rapat ialah membuat udara pada kulkas akan keluar secara terus menerus dan membuat mesin pada kulkas akan sering hidup sehingga membuat listrik anda boros.

  • 5. kapasitas kulkas

hal terakhir yang perlu anda pahami dalam mengisi kulkas juga berpengaruh dalam kinerja kehematan listrik anda di rumah meski hal ini sederhana.

Susunlah isian kulkas anda dengan rapi dan jangan melebihi kapasitas kulkas selain membuat kulkas anda cepat rusak karena menangung beban yang berat hal ini juga bisa membuat kulkas anda tidak hemat listrik karena harus memaksimalkan pendinginan pada setiap makanan dan minuman yang ada dalam kulkas tersebut.

Baca juga: 5 Ciri Freon Habis Pada Kulkas 1 Maupun 2 Pintu

Penutup

Demikian penjelasan kami di atas setiap merk kulkas mempunyai ciri kahsnya masing-masing jadi terus simak artikel kami yang lain agar menambah wawasan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *